: 
 : 

PANDUAN KEGIATAN HIBAH FAKULTAS PERTANIAN-PETERNAKAN
(BLOCK GRANT FPP)



1.    PENDAHULUAN

Latar belakang
     Kegiatan  penelitian dan pengabdian merupakan aktivitas yang tidak terpisahkan dari proses pendidikan dan pengajaran.  Hasil penelitian dan pengajaran memperkaya informasi yang disampaikan pada kegiatan penelitian dan pengajaran. Selain itu dengan melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian yang terus-menerus, kompetensi keilmuan dosen akan semakin meningkat dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman.

     Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dari waktu ke waktu terus mendorong semua dosen untuk melakukan kegiatan penelitian dengan harapan terjadi “proses pembelajaran berbasis research”.Selain itu UMM juga mengharapkan  semua dosen dapat mengabdikan hasil penelitiannya bagi kesejahteraan masyarakat.

      Dana untuk kegiatan penelitian dan pengabdian dapat diperoleh dari sumber internal maupun eksternal. Berdasarkan data yang didapatkan dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) UMM, jumlah judul penelitian dosen Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) yang mendapatkan dana penelitian dengan sumber internal (DPP-UMM) dan eksternal  pada tahun 2009 hanya sebesar 45 judul atau 65,22 persen dari total dosen di FPP. Sedangkan jumlah judul pengabdian dosen FPP yang mendapatkan dana pengabdian sumber internal (DPP-UMM) dan eksternal  pada tahun 2009 hanya sebesar 46 judul atau 66,67 persen dari total dosen di FPP.  Oleh karena kebijakan pimpinan UMM menyediakan dana melalui Block Grant Fakultas sangat mendukung FPP untuk mengembangkan fakulas maupun jurusan di lingkungan FPP dalam memperkuat kegiatan tridarma perguruan tinggi. Dana tersebut diharapkan dapat digunakan untuk berbagai kegiatan pengembangan pengajaran, penelitian dan pengabdian maupun penguatan institusi di lingkungan FPP.

Tujuan Umum Block Grant FPP
Mengembangkan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat di bidang pertanian terpadu berkelanjutan berdasarkan nilai-nilai Islam.
Mengembangkan sistem manajemen dan meningkatkan kinerja fakultas maupun program studi di lingkungan Fakultas Pertanian-Peternakan UMM.

Tujuan Khusus Block Grant FPP
  1. Mengkaji dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berbasis pertanian terpadu.
  2. Mengembangkan dan menerapkan teknologi pada sistem pertanian (terpadu) untuk memperkuat dan memperkaya materi pembelajaran di kelas, laboratorium maupun di lapang termasuk sebagai sarana kegiatan kewirausahaan bagi mahasiswa.
  3. Mengembangkan sistem, metode dan/atau teknologi pembelajaran dan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan Ipteks dan kondisi kekinian.
  4. Mengembangkan dan memperkuat teknologi pendukung kegiatan unit produksi berbasis pertanian terpadu berkelanjutan yang dapat digunakan sebagai sarana publikasi dan promosi serta wahana wisata pertanian terpadu Fakultas Pertanian-Peternakan UMM.
  5. Mengembangkan sistem pengelolaan dan kinerja institusi fakultas maupun program studi di lingkungan FPP.
  6. Menerapkan hasil temuan ipteks yang berbasis pertanian terpadu untuk memperkuat amal usaha di lingkungan Muhammadiyah maupun meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum.


II.  JENIS  KEGIATAN PROGRAM BLOCK GRANT FAKULTAS (HIBAH FPP)
Sesuai dengan tujuan khusus yang akan dicapai maka program hibah FPP terdiri dari empat kategori, yaitu:
    1.  Hibah penelitian FPP berbasis pertanian terpadu
Sasaran program hibah penelitian FPP adalah diperoleh hasil penelitian yang berorientasi produk pertanian terpadu dan temuan teori baru maupun pengembangan teori yang ada hasil kajian ilmu dasar pertanian terpadu.
 
    2.  Hibah pengajaran FPP
Sasaran program hibah pengajaran FPP adalah diperoleh sistem, metode, materi dan/atau teknologi pembelajaran dan pendidikan di bidang ilmu pertanian-peternakan (yang dapat memperkaya muatan pertanian terpadu) sesuai dengan kemajuan ipteks dan kondisi kekinian.
 
    3.  Hibah pengabdian kepada masyarakat FPP
Sasaran program hibah pengabdian kepada masyarakat FPP adalah dalam rangka mengembangkan dan memperkokoh unit jasa (pelatihan, diklat, workshop, pendampingan) dan produksi berbasis pertanian terpadu sebagai wahana wisata, sarana promosi dan publikasi, kewirausahaan mahasiswa serta membantu pengembangan amal usaha Muhammadiyah.

    4. Hibah institusi FPP
Sasaran program hibah institusi FPP adalah tersusun/terbentuknya sistem manajemen (dokumen mutu akademik, administrasi pengelolaan keuangan, SDM, sarana prasarana, pembinaan mahasiswa, database alumni prodi masing-masing) serta peningkatan kinerja institusi di lingkungan FPP.
 

III.  KETENTUAN UMUM DAN KHUSUS PROGRAM HIBAH FAKULTAS (BLOCK GRANT FAKULTAS)

Para staf dosen FPP yang dapat mengikuti program hibah (Block Grand) Fakultas Pertanian-Peternakan UMM harus dapat memenuhi persyaratan umum dan khusus sebagai berikut:
A.    Ketentuan  Umum :
1.  Program ini dapat diikuti oleh staf pengajar FPP UMM baik  dosen tetap maupun dosen tidak tetap. 
2.  Setiap dosen tetap hanya dapat mengajukan satu kegiatan sebagai ketua atau anggota, sedangkan dosen tidak tetap hanya sebagai anggota pada kegiatan penelitian atau pengabdian atau pengembangan pembelajaran.
3.  Kegiatan penguatan institusi dilaksanakan oleh dekanat dan para ketua prodi.
4.  Kegiatan penelitian dan pengabdian dilakukan secara kelompok (2-4 orang) per kegiatan.
5.  Usulan kegiatan penelitian atau pengabdian masyarakat harus sesuai dengan payung penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat fakultas maupun program studi.
6.  Kegiatan pengembangan pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri atau kelompok (team teaching) pada satu mata kuliah tiap tahun (semester ganjil atau genap saja).
7.  Dosen yang sedang melaksanakan tugas belajar hanya diperkenankan sebagai anggota pada salah satu kegiatan penelitian atau pengabdian.
8.  Dosen yang mempunyai tanggungan penelitian atau pengabdian baik di DP2M maupun Fakultas tidak diperkenankan mengajukan usulan kegiatan baru.
9.  Dosen atau kelompok dosen yang mengajukan kegiatan penelitian atau pengabdian, wajib melibatkan minimal 1 (satu) mahasiswa. Keikutsertaan mahasiswa ini dieksplisitkan dengan mencantumkan nama dan NIM mahasiswa yang terlibat pada kegiatan tersebut.
 
B.    Ketentuan Khusus :
1. Setiap dosen FPP yang akan mengajukan program hibah Fakultas (sebagai ketua maupun anggota) diharuskan menyerahkan biodata lengkap terakhir ke Fakultas.
2. Dosen yang berhak mengikuti program ini adalah dosen yang aktif di dalam kegiatan Fakultas maupun jurusan. Bukti keaktifan diberikan dalam presensi kehadiran dalam rapat-rapat atau kegiatan lainnya.
3. Kelayakan atas proposal yang diajukan ditentukan oleh Tim Fakultas yang terdiri atas reviewer yang ditunjuk oleh fakultas dan jurusan.
4. Jumlah dana block grant FPP ditentukan oleh tim Fakultas.
5. Pelaksanaan penelitian dan pengadian dikoordinasikan dan dilaporkan ke DP2M.
6. Setiap kelompok penelitian atau pengabdian diwajibkan menyerahkan naskah publikasi jurnal ilmiah (diutamakan yang terakreditasi) dan artikel ilmiah populer untuk website FPP.



IV. PENGELOLAAN PROGRAM HIBAH ( BLOCK GRANT ) FAKULTAS PERTANIAN-PETERNAKAN

Pengajuan Proposal (Usulan) Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat

Program ini dapat diikuti oleh setiap dosen/kelompok dosen dengan menyerahkan proposal berdasarkan ketentuan sebagai berikut:
1. Sistematika proposal penelitian dapat mengikuti format dari salah satu jenis/skim penelitian DIKTI seperti penelitian fundamental atau hibah bersaing, dengan harapan semua dosen (terutama dosen muda) belajar mengajukan proposal penelitian ke DIKTI.
2. Sistematika proposal pengabdian dapat mengikuti format salah satu skim pengabdian DIKTI agar sekaligus belajar mengajukan proposal pengadian DIKTI.
3. Sistematika proposal hibah pengajaran terdiri dari:
a.    Draf/rancangan atau konsep lama deskripsi singkat mata kuliah
b.    Tujuan pembelajaran
c.    Konsep rencana pengembangan kegiatan belajar mengajar
d.    Outcome Pembelajaran (SAP, Silabus, RKBM hasil pengembangan)
e.    Rencana Kegiatan Belajar Mengajar  (RKBM) yang akan dikembangkan
f.    Rencana penjabaran RKBM / SAP yang akan dikembangkan
g.    Rencana kegiatan evaluasi dan penilaian hasil belajar mahasiswa
h.    Pustaka acuan yang digunakan sebagai sumber informasi pengembangan mata kuliah
i.    Bahan pembelajaran (modul, power point, pdf, alat peraga, materi praktik, lokasi untuk kunjungan lapang, dan lain-lain).
4. Sistematika proposal penguatan institusi sesuai hasil kesepakatan para dekanat dan ketua program studi.  Usul sistematika proposal hibah pengembangan institusi terdiri dari:
a.    Latar belakang (kondisi institusi saat ini, permasalahan yang dihadapi dan tujuan kegiatan)
b.    Rencana kegiatan/program pengembangan dan rincian metode pelaksanaan
c.    Target luaran yang akan dicapai
d.    Jadwal rencana kegiatan
e.    Rincian kebutuhan dana.
5.    Proposal di-upload pada program Rires Hibah Fakultas sesuai skim masing-masing dalam format pdf, sedangkan hasil cetak dijilid dengan cover warna abu-abu muda diserahkan kepada Tim Fakultas sebanyak 2 (dua) eksemplar.
6.    Proposal yang lolos seleksi administrasi harus dipresentasikan di hadapan Tim Fakultas dalam forum seminar proposal.
7.    Pengarahan atau pengayaan untuk penyempurnaan proposal dilakukan pada saat seminar.

Ketentuan Penerimaan Proposal (Usulan) Program Hibah (Block Grant) FPP
1. Ketetapan atas diterima atau ditolaknya proposal program hibah FPP didasarkan atas hasil pengayaan kolektif dan penilaian objektif dari tim fakultas.
2. Keputusan hasil seleksi proposal yang diterima atau ditolak bersifat mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.
3. Ketetapan dan keputusan atas proposal program hibah FPP yang disetujui untuk didanai akan disampaikan melalui Surat Tugas Dekan, setelah dikoordinasikan terlebih dahulu dengan DP2M UMM untuk menghindari duplikasi judul/topik penelitian atau pengabdian kepada masyarakat.
4. Para Grantee (penerima hibah), akan menerima dana dalam 2 (dua) tahap yaitu tahap pertama sebesar 70 (tujuh puluh) persen diberikan sejak SK diterbitkan dan tahap kedua 30 (tiga puluh) persen ketika laporan sudah diserahkan.
Pemantauan Kegiatan
Pemantauan terhadap kegiatan penelitian/pengabdian pada masyarakat perlu dilakukan agar sesuai dengan target dan sasaran sebagaimana  tertera dalam proposal. Tim Fakultas akan melaksanakan pemantauan sesuai dengan jadwal yang sebelumnya diinformasikan terlebih dahulu kepada para  Grantee.



V.  LAPORAN HASIL KEGIATAN HIBAH (BLOCK GRANT) FAKULTAS PERTANIAN-PETERNAKAN

Hasil dari kegiatan hibah (block grant) FPP disusun dalam bentuk laporan akhir atau naskah publikasi dan naskah ilmiah populer (untuk publikasi pada masmedia cetak dan website FPP) dengan ketentuan sebagai berikut:

Laporan Penelitian dan Pengabdian Block Grant Fakultas
Setiap kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang telah selesai dilaksanakan, wajib menyusun laporan. Laporan penelitian dan pengabdian pada masyarakat merupakan karya tulis yang dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah. Laporan kegiatan dikumpulkan ke fakultas sebanyak 3 (tiga) eksemplar (untuk Perpustakaan fakultas dan Arsip pribadi), disertai soft copy. Laporan dketik dengan jenis huruf memakai Times New Roman dengan spasi 1,5.

Naskah Publikasi Kegiatan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
Naskah publikasi merupakan rangkuman dan rumusan dari masing-masing bagian/bab dalam laporan akhir. Format naskah publikasi pada umumnya terdiri atas abstrak, pendahuluan, bahan dan metode penelitian (metodologi penelitian), hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran. Abstrak maksimal terdiri atas 250 kata dengan hanya terdiri atas 1 (satu) paragraf. Pada pendahuluan sudah mencerminkan latar belakang penelitian, tinjauan pustaka penelitian sebelumnya, serta tujuan dan manfaat penelitian. Jumlah halaman naskah publikasi  maksimal 15. Para Grantee harus memilih jurnal yang akan dituju sehingga format dapat disesuaikan dengan jurnal tersebut. Di Bagian depan naskah publikasi dilampirkan lembar identitas dan halaman pengesahan. Naskah publikasi dikumpulkan sebanyak 2 (dua) eksemplar dan untuk kepentingan entry data dalam digilib dilengkapi dengan 1 (satu) buah CD yang akan dimuat pada jurnal DP2M bagi yang lolos seleksi.


Laporan program hibah pengajaran
Laporan kegiatan hibah pengajaran FPP mengikuti sistematika sebagai berikut: 
1. Pendahuluan (latar belakang dan tujuan)
2. Metode pelaksanaan pengembangan pengajaran
3. Analisis hasil pelaksanaan pengembangan pengajaran meliputi perbandingan nilai base line dan nilai setelah pelaksanaan program, persentase mahasiswa aktif, hambatan yang timbul dan upaya/rencana pemecahan, penilaian dan respon mahasiswa terhadap keberhasilan program,
4. Dokumentasi pelaksanaan program,
5. Bukti fisik output dan outcome hasil pengembangan pembelajaran.
Laporan Hibah Pengembangan Institusi
1. Pendahuluan
2. Metode dan Hasil pelaksanaan pengembangan institusi
3. Target Luaran yang telah dicapai
4. Dokumentasi pelaksanaan program
5. Bukti fisik out put dan out come hasil pengembangan institusi.



VI.  PAYUNG PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Sesuai dengan misi Fakultas Pertanian-Peternakan UMM maka payung penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari Fakultas Pertanian-Peternakan UMM adalah “PERTANIAN ORGANIK TERPADU”.

Sejalan dengan program fakultas maka payung penelitian dan pengabdian kepada masyarakat masing-masing program studi adalah sebagai berikut:
1. Payung penelitian dan pengabdian kepada masyarakat program studi Agroteknologi adalah “Pengembangan dan Penerapan Agroteknologi Berbasis Sistem Pertanian Organik dan Terpadu”
2. Payung penelitian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat program studi Agribisnis adalah “Pengembangan SDM Kewirausahaan Berbasis Pertanian Terpadu”
3. Payung penelitian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat program studi ITP adalah “Pengembangan Produk Pangan Organik”
4. Payung penelitian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat program studi Kehutanan adalah “Pengembangan dan Penerapan Model Agroforestry Berbasis Ekosistem”
5. Payung penelitian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat program studi Peternakan adalah “Pengembangan dan Penerapan Sistem Peternakan Organik”
6. Payung penelitian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat program studi Perikanan adalah “Integrated Aquaculture Farming System”

 
VII JADWAL KEGIATAN BLOCK GRANT
 
No. Kegiatan Waktu Pelaksanaan
1. Pengumpulan proposal melalui rires hibah fakultas dalam bentuk file pdf dan hasil cetak sebanyak 2 eksemplar diserahkan kepada tim fakultas
19 Januari - 4 Februari 2011
2. Advice tim jurusan/fakultas 5-10 Pebuari 2011
3. Seminar proposal 11-12 Pebuari 2011
4. Pengumuman hasil seleksi & penerbitan surat tugas 14 Febuari 2011
5. Pencairan dana tahap I. 15 Febuari 2011
6. Monitoring melalui  rires Juni 2011
7. Pengumpulan draf laporan melalui rires September 2011
8. Seminar laporan hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan pengaran, dan penguatan institusi Oktober 2011
9. Pengumpulan laporan akhir/naskah publikasi, artikel ilmiah populer, bukti fisik hasil kegiatan Oktober 2011
10. Pencairan dana tahap II Oktober 2011
Download Panduan Lengkap....................................................................................................................